Jumat, 09 Desember 2011

Brem Madiun



Sudah pernah menikmati brem Madiun ? Brem adalah sejenis makanan khas Madiun dengan rasa yang unik. BremMadiun memiliki rasa manis atau manis keasaman, tekstur padat , kering tidak lembek, warna putih kekuningan sampai kuning kecoklatan serta mudah hancur di mulut. Sensasi makanan ini muncul ketika makanan dimasukkan ke dalam mulut akan langsung mencair dan lenyap meninggalkan rasa "semriwing" di lidah.

Bentuk pertama yang lebih dulu dikenal adalah makanan tradisional khas yang berasal dari Kecamatan Caruban Kabupaten Madiun, dan berasal dari dua desa penghasil : Bancong dan Kaliabu.

Kandungan brem terbanyak adalah gula, pati terlarut dan asam laktat dari hasil fermentasi tadi.  Brem yang ada di pasaran adalah suatu produk pangan yang berwarna putih sampai kecoklatan dan mempunyai rasa manis keasaman yang dibuat dari pemasakan cairan tape ketan putih. 

Brem telah menjadi salah satu ikon Madiun di bidang kuliner dan telah berkembang pula menjadi sebuah industri yang cukup berkembang. Dan seperti jenis makanan khas lainnya, konsumen lebih suka membeli langsung di daerah asalnya daripada membeli di kotanya. Oleh sebab itu jarang ditemui Brem di daerah lain, kalaupun ada mungkin tidak memberikan greget yang sama dibandingkan membeli langsung di daerah asalnya. Oleh sebab itu produk ini nampaknya akan  lebih sering "terekspor" ke daerah lain dalam bentuk oleh-oleh daripada menjadi produk dagangan di daerah lain.

Pengen makan brem ? Silakan kunjungi Madiun atau kalalu mau pesan, tinggalkan catatan di komen dan kami akan hubungi.

Knowing Madiun and Be There

1 komentar: