Jumat, 02 Maret 2012

Keasrian Air Terjun Lereng Wilis

Keasrian Air Terjun Lereng WilisKABUPATEN MADIUN - Memilih Kabupaten Madiun sebagai tujuan wisata bukanlah pilihan yang salah. Banyak potensi wisata yang tak kalah dari daerah lain di Jawa Timur, atau di Indonesia. Hanya saja, objek-objek ini belum terkelola dengan baik.

Coba saja selusuri Dusun Seweru, Desa Kare, Kecamatan Kare. Di wilayah tersembunyi tersebut, ada air terjun kembar yang masih "perawan". Suasananya, tentu saja sangat asli dan segar. Khas daerah pegunugan yang selalu menyuguhkan kesejukan.


Air terjun yang tersembunyi di wilayah perkebunan kopi kandangan, sekitar 15 km ke arah timur dari kota Madiun. Luas areanya sekitar 6 hektare, dan begitu teduh dalam pangkuan lereng Gunung Wilis yang masih sangat virgin. Tak banyak sampah atau kerusakan-kerusakan yang justru jamak terjadi di objek-objek wisata yang sudah dibuka dan dikelola oleh pemerintah.

Jika ketenangan dan kesegaran pelepas stres yang kita cari, air terjun yang oleh penduduk sekitarnya dikenal dengan nama Kedung Malem itu adalah pilihan tepat. Tapi, untuk bisa mencapainya, memang diperlukan "ketetapan hati". Maklum, untuk menuju titik tersebut, kita harus berjalan kaki sejauh kurang lebih 2 km menyusuri kawasan hutan yang masih asli.

Jika kita membawa kendaraan di sana, jangan harap ada pengelola parkir yang bersedia bertanggung jawab. Pasalnya, wilayah tersebut memang belum terkelola dengan baik. Walhasil, parkir pun belum tersedia.

Tapi ketika sudah sampai di lokasi, mandi di sungai dangkal di bawah air terjun kembar tersebut, penat yang harus kita rasakan ketika berusaha mencapai titik ini pasti bisa terlupakan. Kesegaran khas asli pegunungan dalam suasana alam yang masih orisinil.(top)

Sumber : Adakita

KNOWING MADIUN AND BE THERE

0 komentar:

Posting Komentar