Selasa, 16 April 2013

Bir Pletok : Bikin hangat tapi bukan bir

Dunia kuliner Madiun semakin beragam dengan kehadiran Mr. Pletok. Sebuah sarana kuliner menarik yang dikelola oleh Bpk Nawil dan Ibu Ratna Kurniasari ini terletak di Jalan Delima 21 kota Madiun. Menghadirkan kuliner yang unik dengan menu yang beragam.



Ketika Anda memasuki resto ini, Anda akan melihat banyak sekali benda-benda unik yang bersifat jadul maupun antik, mengingat pemiliknya mempunyai hobby mengkoleksi benda-benda antik dari berbagai masa. Suasana cukup nyaman untuk dapat menikmati kuliner dengan rileks, mungkin musik etnik akan membuat suasana lebih eksotis.


Salah satu menu yang wajib Anda nikmati adalah Bir Pletok, namanya memang ada kata "Bir" tapi ini bukan bir yang kita kenal dari budaya barat. Bir Pletok adalah minuman yang berasal dari Betawi dengan bahan utama rempah-rempah dan bersifat membuat badan jadi hangat, serta tidak mengandung alkohol. Pletok dipercaya sebagai minuman herbal yang menyehatkan. Masyarakat Betawi umumnya meminumnya di malam hari untuk menghangatkan badan. Pada jaman dulu Bir Pletok cuma berbahan baku Lada, Jahe, dan kayu secang, sekarang sudah berkembang dengan lebih banyak lagi rempah-rempah di dalamnya. Pada dinding resto Mr.Pletok Anda dapat membaca sejarah dan asal mula dari bir Pletok ini. 

Pada saat saya meminumnya bersama campuran susu dan madu, pada tegukan pertama akan terasa aroma rempah-rempah yang unik, tapi tidak menyengat seperti jamu, selanjutnya sensasi ini akan menjadi satu dengan rasa madu dan susu yang bersenyawa di lidah dengan tekstur yang tepat. Beberapa menit kemudian, badan akan mulai terasa hangat, dimulai dari area dada, dan menyebar ke seluruh tubuh, dan saya mulai berkeringat. 


Untuk menu makanan padat, ada Nasi Langgi. Nasi ini sepintas saya kira semacam nasi uduk, ternyata bukan. Di atas nasi langgi terdapat serpihan bawang goreng yang diolah secara khusus, menimbulkan rasa khas di lidah ketika Anda memakannya di sendokan pertama. Nasi Langgi juga mempunyai seperangkat lauk terdiri dari potongan telur dadar, abon sapi, kentang goreng, rica daging dan jerohan, kemangi dan timun, serta sambal yang sedap. Pas untuk menu makan siang dan makan malam.

Resto Mr. Pletok juga menyediakan menu lain sebagai berikut : 
  • Bakmoy ayam
  • Nasi Jepang
  • Omelet Mie Keju
  • Roti bakar
  • Teh Tarik
  • Cincau Milk
  • dll  
Di bagian sudut resto ini saya sempat membaca tulisan yang cukup menarik :

 "...Amenangi jaman luwe. Wong sing ora luwe rasah melu-melu luwe. kudu tetep mangan....Sak begja-begjane wong mangan, isih begja wong sing kelakon mangan ing warung iki, mulane ojo kapok mangan, mengko ndak luwe maneh"

Contact person : (0351)7594701, 087734137550

-->

0 komentar:

Posting Komentar