Sabtu, 15 Maret 2014

Gedung Bioskop Arjuna Madiun (2014)

Gedung bioskop Arjuna 2014

Gedung bioskop Arjuna yang kini sudah tidak beroperasi dulunya dikenal dengan nama bioskop Apollo atau Apollo Theater yang didirikan oleh seorang Belanda bernama L. Knuverlder (1930-1936). Setelah itu kepemilikan gedung gambar idoep atau gambar sorot ini dimiliki oleh seorang Tionghoa.



Bioskop Arjuna mengalami masa jayanya di tahun 1980-an, tapi mulai meredup di tahun 1999, dan di tahun 2002 sudah tidak operasional, 


Saat ini eks gedung theater Arjuna digunakan untuk tempat menyimpan gerobak pedagang-pedagang kali lima yang mangkal di di alun-alun kota Madiun.


Gedung yang berada di sebelah Timur kantor Pemkab Madiun ini sebenarnya merupakan sebuah bangunan bersejarah di kota Madiun, tetapi sayangnya tidak terawat dengan baik dan belum difungsikan kembali. Dengan luas gedung dan arsitekturnya, gedung ini bisa difungsikan sebagai gedung kesenian atau dijadikan sebagai sebuah museum sejarah kota Madiun. Bisa saja difungsikan untuk kegunaan lain seperti bioskop Lawu yang kini menjadi pusat perbelanjaan Sri Ratu, tapi masa iya harus jadi mall lagi ? Bukankah ada pencanangan kota Madiun dengan tag line "Miracle of Java" ?





0 komentar:

Posting Komentar