Senin, 16 Januari 2012

Jelang Imlek, Klenteng Hwie Ing Kiong Madiun Berhias

Jelang Imlek, Klenteng Hwie Ing Kiong Madiun Berhias

Madiun(beritajatim.com) - Menjelang perayaan tahun baru Cina atau Imlek yang ke 2563, warga keturunan Tionghoa Madiun membersihkan seluruh peralatan yang ada di Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) atau Klenteng Hwie Ing Kiong.

Seksi pengembangan agama, Lianawati, mengatakan, pembersihan klenteng ini wajib dilaksanakan saat menjelang pelaksaan perayaan tahun baru. "Seperti tahun-tahun sebelumnya kita membersihakn seluruh tempat diklenteng ini," ujarnya, Kamis (12/1/2012).

Lianawati menembahkan, dalam menyambuat tahun baru yang dalam perhitungan penanggalan Cina disebut dengan tahun naga air ini pihaknya menilai agar seluruh warga terutama warga Tionghoa untuk lebih bisa mengikuti arus kehidupan. "Tahun ini kan tahun "Naga Air" jadi seperti filosofi air kita harus bisa lebih fleksibel dalam menghadapi segala sesuatu dan mengikuti perkembangan yang ada. Namun kita juga harus tetap memiliki prinsip," jelasnya.

Liana menjelaskan, dalam peringatan tahun baru Imlek 2562 ini, ratusan umat Tri Dharma akan melakukan perenungan atas dosa selama setahun dan berharap keberkahan serta kebaikan di tahun mendatang pada Minggu (22/1/2012) malam.

"Kalau jumlahnya bisa mencapai ratusan karena seluruh anggota keluarga yang merantau pasti akan kembali kerumah orang tua atau nenek mereka yang ada di sini. Dan tradisinya mereka akan meminta maaf seperti saat idulfitri dalam agama Islam," ungkapnya.

KNOWING MADIUN AND BE THERE

2 komentar:

  1. Wah sip nih... it's time to "golek angpaw" hehehe...

    BalasHapus
  2. :D Ayo golek angpaw bareng....hahaha...

    BalasHapus